KAWI SUARA

Jalan Mencari Pencerahan

Sabtu, 22 Mei 2010

Bhisama Hyang Pasupati Pramesti Guru

Bhisama Hyang Pasupati Pramesti Guru Untuk Keturunan Panca Pandita di Bali Yang Berani Meninggalkan Merajan Kemulan
Lontar purwabhumi kamulan,
ring wus mangkana, ikang daksina pengadegan sang dewa pitara tinuntunakena maring sanggah kamulan,yan lanang
unggahakena maring tengen,yan wadon unggahakena maring kiwa,irika mapisan lawan dewa hyangnya nguni,winastu
jaya-jaya de sang pandita kinabhaktyanana mwah dening swarganya mwang santana nira. Telas mangkana,tutug
saparikramanya,puja simpen wenang geseng akena juga,pushadika,winadahan nyuh gading saha kawangi pendem ring
ulwaning sanggah kamulan saharamnya dening kidung kakawin sahawruhanira. Mangkana kramanya benering kaprawrtinta
marakrti ring kawitan,yan tan samangkana tan tutug ikang pali-pali sang dewa pitara,maneher sira gawang tan molih
unggwen tan anapasenetanya,dadi kasambatsara santananya mwang wandu warganya,pada ya ketepu tegah de sang guru
pitaranya,ya dadi gering ambeda-beda tan manut tataning ashoda,metu gering mangyat mangyut amung
panglaku,amungsangkrama,ayan,lwang mwang kena gering angrerepe edan-edanan,kena bayu sangkara,ogan
tunggah,angliyep mwah kadikmeling kena sungsung tinahanan pwa dena sanggahnya kowos boros sakwehning raja
drwenya henti tanpa krama, satata rumasa kurang ring pangan kinum,apan kerugan dening kala bhuta mwah dengen. Apan
sang dewa pitaranya seaawase tan ane linggih,tan ane jeneknya dening santananya tuna prakerti tuna pangewruh,tuna
pangasa kewala wruh mangrasani wareg mwang lapa tan maphala prawrti ring raga sarira,tan pakrti ring kawitan.
Artinya: setelah itu daksina palinggih sang dewa pitara itu distanakan di kemulan, kalau laki (roh suci itu) di stanakan di ruang
bagian kanan, kalau perempuan, distanakan di ruang kiri (dari kemulan) di sana bersatu dengan Hyangnya dulu, oleh sang
pandita diberikan puja jaya-jaya, hendaknya disembah oleh semua warga keturunannya. Setelah demikian selesai tata
caranya dan barulah dilakukan pralina dengan puja penyimpenan. Daksina palinggih itu boleh di lukar terus dibakar, abunya
dimasukkan ke dalam kelapa gading disertai dengan kewangen lalu ditanam di belakang sanggah kamulan dibarengi dengan
kidung kakawin yang diketahui oleh keluarganya. Begitulah caranya, suatu cara yang benar untuk berbakti kepada Leluhur.
Kalau tidak seperti itu tidaklah selesai upacara untuk Dewa Pitara, sang Dewa Pitara akan berkeliaran tidak mendapat tempat,
tidak ada tempatnya yang pasti, maka dikutuklah keturunannya dan keluarganya, semuanya tertimpa penyakit disakiti oleh
dewa pitaranya, itulah yang menyebabkan datang penyakit yang aneh-aneh tidak bisa diobati menurut ketentuan usada.
Munculnya penyakit ajaib, tingkah laku yang tidak patut, dibuat gila, hati rusak, ogan, tunggah, ayan , bingung, sakit lemah,
murung, sakit ingatan, sungsung baru dan juga menyebabkan boros kekayaanya habis tanpa sebab, selalu merasa kurang
makan dan minum, sebab telah dirusak oleh bhuta kala karena selamanya Dewa Pitara tidak mempunyai tempat. Atau
tempatnya tidak menentu, karena keturunannya kurang berbhakti, kurang pengetahuan, kurang perasaan, karena hanya tahu
merasakan kenyang dan lapar, tidak berjasa pada diri sendiri dan tidak pula berbhakti kepada leluhur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar